SILABUS MATA PELAJARAN FOTOGRAFI
JURUSAN DESAIN KOMUNIKASI VISUAL
Sekolah : SMK Negeri 4 Sungai Penuh
Kelas/Semester : XI/I dan II
Alokasi Waktu : 188 JP (@ 45 Menit)
KI-3 (Pengetahuan) : Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual,
operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Teknik Komputer dan Jaringan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KI-4 (Keterampilan) : Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan
serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Teknik Komputer dan Jaringan. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Kompetensi Dasar |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
Materi Pokok |
JP |
Kegiatan Pembelajaran |
Penilaian |
|
3.1. Memahami Jenis Kamera dan Perangkat Kamera
4.1 Mempresentasikan Jenis Kamera dan Perangkat Kamera |
3.1.1 Mengklasifikasi berbagai macam jenis kamera
3.1.2 Menglasifikasi berbagai macam jenis perangkat pada kamera
4.1.1 Menunjukkan berbagai macam jenis kamera
4.1.2 Menunjukkan berbagai macam jenis perangkat pada kamera |
· Sejarah fotografi · Asal usul fotografi · Manfaat fotografi dalam kehidupan manusia · Tokoh fotografi dunia · Tokoh fotografi (jurnalistik) Indonesia · Tokoh Fotografi umum Indonesia 1. Era analog 2. Era digital 3. Era kontemporer · Jenis-jenis kamera 1. Kamera manual 2. kamera digital · Bagian-bagian pada kamera DSLR · Komponen yang terdapat pada kamera manual dan digital · Peralatan pendukung kamera dan fungsinya · Segitiga emas/segitiga pencahayaan : 1. ISO/ASA 2. Diafragma/aperture 3. Speed/kecepatan
· Mengoperasikan kamera atau dengan memutar video pembelajaran mengenai : 1. Sejarah fotografi 2. Manfaat fotografi 3. Jenis-jenis kamera manual dan kamera digital
· Menjelaskan bagian-bagian kamera DSLR · Menyebutkan komponen yang terdapat pada kamera manual dan digital · Menjelaskan peralatan pendukung kamera dan fungsinya · Menunjukkan pengaturan segitiga emas/segitiga pencahayaan : 1. ISO/ASA 2. Diafragma/aperture 3. Speed/kecepatan |
16x45 |
A. Mengamati 1. Mengamati sejarah fotografi 2. Mengamati manfaat/kegunaan fotografi 3. Mengamati jenis-jenis kamera maual dan digital 4. Mengamati komponen yang terdapat pada kamera 5. Mengamati peralatan pendukung kamera B. Menanya Mendiskusikan sejarah fotografi, jenis-jenis kamera, komponen pada kamera dan peralatan pendukung kamera C. Mengasosiasikan/mengolah informasi Menganalisis sejarah fotografi, jenis-jenis kamera, komponen pada kamera dan peralatan pendukung kamera D. Mengeksplorasikan 1. Membedakan kamera manual dan kamera digital 2. Menunjukkan kegunaan atau fungsi dari bagian-bagian yang terdapat pada kamera 3. Membedakan kamera manual dan kamera digital 4. Menunjukkan kegunaan atau fungsi dari bagian-bagian yang terdapat pada kamera E. Mengkomunikasikan 1. Memprestasikan perbedaan kamera manual dan digital 2. Mempresentasikan kegunaan atau fungsi dari bagian-bagian yang terdapat pada kamera DSLR |
· Pengetahuan : - Tes tertulis
· Keterampilan : - Penilaian unjuk kerja - Obervasi
· Hasil karya - Penugasan praktek
· Sumber belajar : - Buku fotografi - Video pembelajaran fotografi - Internet - Lingkungan Alam - Contoh Karya - Bahan Ajar/modul |
|
3.2. Menerapkan Teknik Pengaturan SudutPengambilan dan Ketajaman Gambar
4.2 Mendemonstrasikan Pengaturan Sudut Pengambilan dan Ketajaman Gambar
|
3.2.1 Menguraikan teknik pengaturan sudut pengambilan dan ketajaman gambar pada objek diam
3.2.2 Menguraikan teknik pengaturan sudut pengambilan dan ketajaman gambar pada objek bergerak
4.2.1 Melakukan pengaturan sudut pengambilan dan ketajaman gambar pada objek diam
4.2.2 Melakukan pengaturan sudut pengambilan dan ketajaman gambar pada objek bergerak |
· Teknik pengaturan sudut pengambilan dan ketajaman gambar pada objek diam : 1. Eye level 2. Frog eye 3. Bird eye
· Teknik pengturan jarak pengambilan foto: 1. Exstreme long shoot (XLS) 2. Very long shoot (VLS) 3. Long shoot (LS) 4. Medium long shoot (MLS) 5. Medium shoot (MS) 6. Medium closeup (MCU) 7. Closeup (CU) 8. Big closeup (BCU) 9. Extreme closeup (ECU)
· Teknik pengaturan sudut pengambilan dan ketajaman gambar pada objek bergerak 1. Dep of field (DOF) - Dof sempit - Dof luas - Selectif fokus 2. Freeze 3. Movement 4. Stop action 5. Slow motion 6. Zooming 7. Panning 8. Siluet 9. Blub
· Melaksanakan pemotretan dengan teknik pengaturan sudut pengambilan dan ketajaman gambar pada objek diam : 1. Eye level 2. Frog eye 3. Bird eye
· Melaksanakan pemotretan dengan teknik pengturan jarak pengambilan foto : 1. Exstreme long shoot (XLS) 2. Very long shoot (VLS) 3. Long shoot (LS) 4. Medium long shoot (MLS) 5. Medium shoot (MS) 6. Medium closeup (MCU) 7. Closeup (CU) 8. Big closeup (BCU) 9. Extreme closeup (ECU)
· Melaksanakan pemotretan dengan teknik pengaturan sudut pengambilan dan ketajaman gambar pada objek bergerak 1. Dep of field (DOF) - Dof sempit - Dof luas - Selectif fokus 2. Freeze 3. Movement 4. Stop action 5. Slow motion 6. Zooming 7. Panning 8. Siluet 9. Blub |
20x45 |
A. Mengamati 1. Mengamati tabel standar kesesuaian segi tiga eksposure berkaitan dengan ketajaman gambar 2. Mengamati tayangan karya fotografi dengan memperhatikan sudut pengambilan dan ketajaman gambar pada objek diam dan objek bergerak B. Menanya 1. Perbedaan dari masing-masing sudut pengambilan dan ketajaman gambar objek diam dan bergerak 2. Cara mengatur sudut pengambilan gambar pada objek diam dan bergerak 3. Cara mengatur ketajaman gambar pada objek diam dan bergerak C. Mengasosiasikan/mengolah informasi Mengevaluasi hasil karya fotografi dan mengklasifikannya berdasarkan sudut pengambilan dan ketajaman gambar D. Mengeksplorasikan Mengevaluasi hasil karya fotografi dan mengklasifikannya berdasarkan sudut pengambilan dan ketajaman gambar E. Mengkomunikasikan Menyampaikan kesimpulan informasi yang telah diperoleh dari proses melakukan pemotretan sudut pengambilan dan ketajaman gambar objek diam dan bergerak. |
· Pengetahuan : - Tes tertulis
· Keterampilan : - Penilaian unjuk kerja - Obervasi
· Hasil karya - Penugasan praktek
· Sumber belajar : - Buku fotografi - Video pembelajaran fotografi - Internet - Lingkungan Alam - Contoh Karya - Bahan Ajar/modul |
|
3.3. Mendemonstrasikan Komposisi Pemotretan dan Latar Depan-Latar Belakang
4.3 Menerapkan Komposisi Pemotretan dan Latar Depan-Latar Belakang
|
3.3.1 Mengklasifikasikan jenis komposisi dalam pemotretan dengan latar depan
3.3.2 Mengklasifikasi jenis komposisi dalam pemotretan dengan latar belakang
4.3.1 Melakukan pemotretan dengan Komposisi Latar Depan 4.3.2 Melakukan pemotretan dengan komposisi latar belakang |
· Jenis-jenis Komposisi dalam fotografi (garis, bentuk, warna, gelap terang, tekstur) 1. Rule of third/sepertiga bidang 2. Repetisi/pengulangan 3. Diagonal/memotong 4. Framing/figura
· Menglasifikasi komposisi dalam Pemotretan (Sepertiga bidang, sudut pemotretan, format (horizontal dan vertikal, Dimensi) 1. Warna dingin 2. Warna panas 3. Warna dingin dan panas
· Melaksanakan komposisi dalam Pemotretan (Sepertiga bidang, sudut pemotretan, format (horizontal dan vertikal), Dimensi) 1. Rule of third/sepertiga bidang 2. Repetisi/pengulangan 3. Diagonal/memotong 4. Framing/figura 5. Warna dingin 6. Warna panas 7. Warna dingin dan panas
|
12x45 |
A. Mengamati 1. Mengamati cara melakukan pemotretan dengan memperhati-kan Komposisi Pemotretan Latar depan dan latar belakang 2. Mengamati foto-foto hasil pemotretan dengan Komposisi Pemotretan Latar Depan dan Latar Belakang B. Menanya Mendiskusikan mengenai komposisi latar depan dan latar belakang C. Mengasosiasikan/mengolah informasi Menganalisis foto hasil pemotretan dengan latar depan – latar belakang D. Mengeksplorasikan Melakukan pemotretan dengan memakai komposisi dan latar Depan – latar Belakang E. Mengkomunikasikan Memprestasikan foto-foto hasil pemotretan
|
· Pengetahuan : - Tes tertulis
· Keterampilan : - Penilaian unjuk kerja - Obervasi
· Hasil karya - Penugasan praktek
· Sumber belajar : - Buku fotografi - Video pembelajaran fotografi - Internet - Lingkungan Alam - Contoh Karya - Bahan Ajar/modul |
|
3.4. Menerapkan Elemen Pencahayaan (Arah, Karakter dan Warna Cahaya)
4.4 Mendemonstrasikan Elemen Pencahayaan (Arah, Karakter dan Warna Cahaya) |
3.4.1 Mengklasifikasi Elemen Pencahayaan dalam melakukan pemotretan
3.4.2 Menentukan posisi pengambilan Arah, Karakter dan Warna Cahaya dalam melakukan pemotretan
4.4.1 Melakukan pemotretan dengan menentukan Elemen Pencahayaan
4.4.2 Menunjukkan Arah, Karakter dan Warna Cahaya |
· Jenis-jenis elemen pencahayaan dalam pemotretan 1. Menentukan arah cahaya 2. Mempelajari karakter cahaya 3. Membedakan warna Cahaya · Cara memperoleh pencahayaan yang baik dalam pemotretan 1. Menentukan arah cahaya 2. Mempelajari karakter cahaya 3. Membedakan warna Cahaya
· Melaksanakan pengambilan sudut pandang dalam pemotretan berdasarkan elemen pencahayaan 1. Pemilihan arah cahaya 2. Penentuan karakter cahaya 3. Penentuan warna Cahaya
· Menunjukkan hasil pemotretan berdasarkan elemen pencahayaan 1. Pemilihan arah cahaya 2. Penentuan karakter cahaya 3. Penentuan warna Cahaya |
12x45 |
A. Mengamati Mengamati cara menentukan Arah, Karakter dan Warna Cahaya B. Menanya Perbedaan dari masing-masing Arah, Karakter dan Warna Cahaya C. Mengasosiasikan/mengolah informasi Menganalisis foto hasil pemotretan dengan menggunakan berbagai macam jenis sudut pandang berdasarkan elemen pencahayaan D. Mengeksplorasikan Melakukan pemotretan dengan menggunakan berbagai macam jenis sudut pandang berdasarkan elemen pencahayaan E. Mengkomunikasikan Menyampaikan kesimpulan informasi yang telah diperoleh dari proses melakukan pemotretan sudut pengambilan dan ketajaman gambar objek diam dan bergerak. |
· Pengetahuan : - Tes tertulis
· Keterampilan : - Penilaian unjuk kerja - Obervasi
· Hasil karya - Penugasan praktek
· Sumber belajar : - Buku fotografi - Video pembelajaran fotografi - Internet - Lingkungan Alam - Contoh Karya - Bahan Ajar/modul |
|
3.5. Menerapkan Proses Pekerjaan sesuai dengan Prinsip Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)
4.5 Melakukan Proses Pekerjaan Sesuai Dengan Prinsip Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). |
3.5.1 Menentukan pekerjaan memotret sesuai dengan Prinsip Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)
3.5.2 Mengikuti pekerjaan memotret sesuai dengan Prinsip Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)
4.5.1 Mendemonstrasikan Proses Pekerjaan Sesuai Dengan Prinsip Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).
4.5.2 Mengidentifikasi Proses Pekerjaan Sesuai Dengan Prinsip Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). |
· Pengertian Prinsip Keselamatan dan Keselamatan Kerja (K3) · Fungsi prinsip Keselamatan dan Keselamatan Kerja (K3) dalam fotografi · Mengklasifikasi pekerjaan memotret sesuai dengan Prinsip Keselamatan dan Keselamatan Kerja (K3) · Jenis-jenis prinsip keselamatan kerja (K3) dalam fotografi berdasarkan : 1. Jenis pemotretan 2. Lokasi pemotretan 3. Peralatan pemotretan · Melaksanakan prinsip Keselamatan dan Keselamatan Kerja (K3) dalam fotografi berdasarkan : 1. Jenis pemotretan 2. Lokasi pemotretan 3. Peralatan pemotretan
· Menunjukkan prinsip Keselamatan dan Keselamatan Kerja (K3) dalam fotografi berdasarkan : 1. Jenis pemotretan 2. Lokasi pemotretan 3. Peralatan pemotretan |
8x45 |
A. Mengamati Mengamati prinsip Keselamatan dan Keselamatan Kerja (K3) dalam fotografi B. Menanya Menanyakan jenis-jenis prinsip Keselamatan dan Keselamatan Kerja (K3) dalam fotografi C. Mengasosiasikan/mengolah informasi Menganalisis prinsip Keselamatan dan Keselamatan Kerja (K3) dalam fotografi D. Mengeksplorasikan Melakukan menerapkan prinsip Keselamatan dan Keselamatan Kerja (K3) dalam fotografi E. Mengkomunikasikan Memprestasikan prinsip Keselamatan dan Keselamatan Kerja (K3) dalam fotografi |
· Pengetahuan : - Tes tertulis
· Keterampilan : - Penilaian unjuk kerja - Obervasi
· Hasil karya - Penugasan praktek
· Sumber belajar : - Buku fotografi - Video pembelajaran fotografi - Internet - Lingkungan Alam - Contoh Karya - Bahan Ajar/modul |
|
3.6. Menerapkan prosedur Pemotretan Alam & Arsitektur
4.6 Mengerjakan Pemotretan Alam & Arsitektur |
3.6.1 Melakukan prosedur pemotretan alam
3.6.2 Melakukan prosedur pemotretan arsitektur
4.6.1 Melaksanakan pemotretan alam
4.6.2 Melaksanakan pemotretan arsitektur |
· Prosedur pemotretan alam · Format posisi dalam pemotretan alam 1. Landsacape/horisontal 2. Potrait/vertikal · Elemen utama foto alam 1. Pencahayaan foto 2. Komposisi pengambilan foto 3. Sudut pengambilan foto/angel 4. Momen penting saat pengambilan foto
· Prosedur pemotretan arsitektur · Format posisi dalam pemotretan arsitektur 1. Landsacape/horisontal 2. Potrait/vertikal
· Elemen utama sebuah foto arsitektur 1. Pencahayaan foto 2. Komposisi pengambilan foto 3. Sudut pengambilan foto/angel 4. Momen penting saat pengambilan foto
· Melaksanakan prosedur pemotretan alam · Melaksanakan format posisi dalam pemotretan alam 1. Landsacape/horisontal 2. Potrait/vertikal · Menentukan elemen utama foto alam 1. Pencahayaan foto 2. Komposisi pengambilan foto 3. Sudut pengambilan foto/angel 4. Momen penting saat pengambilan foto
· Melaksanakan prosedur pemotretan arsitektur · Melaksanakan format posisi dalam pemotretan arsitektur 1. Landsacape/horisontal 2. Potrait/vertical · Menentukan elemen utama arsitektur 1. Pencahayaan foto 2. Komposisi pengambilan foto 3. Sudut pengambilan foto/angel 4. Momen penting saat pengambilan foto |
12x45 |
A. Mengamati 1. Mengamati prosedur pemotretan alam, format posisi dalam pemotretan alam, elemen utama foto alam 2. Mengamati prosedur pemotretan arsitektur, format posisi dalam pemotretan arsitektur, elemen utama foto arsitektur B. Menanya Menanyakan prosedur pemotretan alam, format posisi dalam pemotretan alam, dan elemen utama foto alam C. Mengasosiasikan/mengolah informasi Menganalisis hasil pemotretan berdasarkan prosedur pemotretan alam, format posisi dalam pemotretan alam, dan elemen utama foto alam D. Mengeksplorasikan Melakukan prosedur pemotretan alam, format posisi dalam pemotretan alam, dan elemen utama foto alam E. Mengkomunikasikan Memprestasikan prosedur pemotretan alam, format posisi dalam pemotretan alam, dan elemen utama foto alam |
· Pengetahuan : - Tes tertulis
· Keterampilan : - Penilaian unjuk kerja - Obervasi
· Hasil karya - Penugasan praktek
· Sumber belajar : - Buku fotografi - Video pembelajaran fotografi - Internet - Lingkungan Alam - Contoh Karya - Bahan Ajar/modul |
|
3.7. Menerapkan Teknik Olah Digital Dasar
4.7 Melakukan Olah Digital Dasar |
3.7.1 Menentukan teknik olah dasar digital
3.7.2 Mengklasifikasikan olah dasar digital
4.7.1 Menerapkan olah digital dasar dengan aplikasi hp adroid
4.7.2 Menerapkan olah digital dasar dengan aplikasi komputer |
· Teknik olah dasar digital ada 2 : 1. Aplikasi di handpone android 2. Aplikasi di komputer
· Menganalisis teknik olah dasar digital : 1. Aplikasi di handpone android a. Snapseed b. Photoshoop c. Lightroom
2. Aplikasi di komputer dengan menggunakan aplikasi photoshoop
· Menerapkan olah digital dasar dengan aplikasi handpone adroid 1. Snapseed 2. Photoshoop 3. Lightroom
· Menerapkan olah digital dasar dengan aplikasi photoshoop pada komputer |
12x45 |
A. Mengamati 1. Mengamati teknik olah digital dengan menggunakan aplikasi handpone android 2. Mengamati teknik olah digital dengan menggunakan aplikasi komputer B. Menanya Menanyakan jenis-jenis teknik olah digital dengan menggunakan aplikasi handpone dan komputer C. Mengasosiasikan/mengolah informasi Menganalisis hasil editing foto dengan menggunakan aplikasi handpone dan komputer D. Mengeksplorasikan Melakukan teknik olah digital dengan menggunakan aplikasi handpone dan komputer E. Mengkomunikasikan Menyampaikan kesimpulan informasi yang telah diperoleh dari teknik olah digital dengan menggunakan aplikasi handpone dan komputer |
· Pengetahuan : - Tes tertulis
· Keterampilan : - Penilaian unjuk kerja - Obervasi
· Hasil karya - Penugasan praktek
· Sumber belajar : - Buku fotografi - Video pembelajaran fotografi - Internet - Lingkungan Alam - Contoh Karya - Bahan Ajar/modul |
|
3.8. Menerapkan Perangkat Penyinaran
| 4.8 Menentukan Penggunaan Perangkat Penyinaran Di Dalam Studio |
3.8.1 Menganalisis perangkat penyinaran
3.8.2 Mengklasifikasi perangkat penyinaran
4.8.1 Menunjukkan penggunaan perangkat penyinaran di dalam studio
4.8.2 Mengoperasikan penggunaan perangkat penyinaran di dalam studio |
· Perangkat penyinaran/lighting dalam fotografi 1. Flash Head 2. Stanndard Reflector 3. Backlite Reflector 4. Barn Door 5. Honeycomb Grid 6. Softbox 7. Oktagon Softbox 8. Silver Umbrella 9. White Umbrella 10. Beauty Dish 11. Reflector 12. Light Stand 13. Flash Tube 14. Modeling Lamp 15. Radio Trigger
· Mengklasifikasi perangkat penyinaran/lighting 1. Fotografi in door 2. Fotografi out door
· Menunjukkan penggunaan perangkat penyinaran/lighting dalam fotografi 1. Flash Head 2. Stanndard Reflector 3. Backlite Reflector 4. Barn Door 5. Honeycomb Grid 6. Softbox 7. Oktagon Softbox 8. Silver Umbrella 9. White Umbrella 10. Beauty Dish 11. Reflector 12. Light Stand 13. Flash Tube 14. Modeling Lamp 15. Radio Trigger
· Mengoperasikan penggunaan perangkat penyinaran/lighting dalam fotografi 1. Flash Head 2. Stanndard Reflector 3. Backlite Reflector 4. Barn Door 5. Honeycomb Grid 6. Softbox 7. Oktagon Softbox 8. Silver Umbrella 9. White Umbrella 10. Beauty Dish 11. Reflector 12. Light Stand 13. Flash Tube 14. Modeling Lamp 15. Radio Trigger |
8x45 |
A. Mengamati Mengamati perangkat penyinaran/lighting dalam fotografi B. Menanya Menanyakan perangkat penyinaran/lighting dalam fotografi C. Mengasosiasikan/mengolah informasi Menganalisis fungsi dari perangkat penyinaran/lighting dalam fotografi
D. Mengeksplorasikan Menggunakan perangkat penyinaran/lighting dalam fotografi E. Mengkomunikasikan Memprestasikan hasil penggunaan perangkat penyinaran/lighting dalam fotografi |
· Pengetahuan : - Tes tertulis
· Keterampilan : - Penilaian unjuk kerja - Obervasi
· Hasil karya - Penugasan praktek
· Sumber belajar : - Buku fotografi - Video pembelajaran fotografi - Internet - Lingkungan Alam - Contoh Karya - Bahan Ajar/modul |
3.9. Menerapkan prosedur Pemotretan Benda
4.9 Mengerjakan Pemotretan Benda |
3.9.1 Menentukan prosedur Pemotretan Benda
3.9.2 Menganalisis prosedur Pemotretan Benda
4.9.1 Melaksanakan prosedur Pemotretan Benda
4.9.2 Menunjukkan prosedur Pemotretan Benda |
· Pengertian pemotretan benda/still life · Mengksifikasi prosedur pemotretan benda/still life 1. Jenis benda 2. Pemilihan background 3. Mengatur posisi pencahayaan
· Menganalisis langkah-langkah yang dilakukan dalam pemotretan benda/still life dengan menentukan : 1. Jenis benda 2. Pemilihan background 3. Mengatur posisi pencahayaan
· Melakukan prosedur pemotretan benda/still life dengan menentukan : 1. Jenis benda 2. Pemilihan background 3. Mengatur posisi pencahayaan
· Mengoreksi hasil pemotretan yang menggunakan prosedur pemotretan benda/still life dengan menentukan : 1. Jenis benda 2. Pemilihan background 3. Mengatur posisi pencahayaan |
12x45 |
A. Mengamati Mengamati prosedur pemotretan benda/still life B. Menanya Menanyakan prosedur pemotretan benda/still life C. Mengasosiasikan/mengolah informasi Menganalisis prosedur pemotretan benda/still life D. Mengeksplorasikan Melakukan prosedur pemotretan benda/still life E. Mengkomunikasikan Menyampaikan kesimpulan informasi yang telah diperoleh dari prosedur pemotretan benda/still life |
· Pengetahuan : - Tes tertulis
· Keterampilan : - Penilaian unjuk kerja - Obervasi
· Hasil karya - Penugasan praktek
· Sumber belajar : - Buku fotografi - Video pembelajaran fotografi - Internet - Lingkungan Alam - Contoh Karya - Bahan Ajar/modul |
|
3.10. Menerapkan prosedur Pemotretan Manusia
4.10 Mengerjakan Pemotretan Manusia |
3.10.1 Menentukan prosedur Pemotretan Manusia
3.10.2 Menganalisis perbedaan prosedur Pemotretan Manusia
4.10.1 Melakukan pemotretan portrait
4.10.2 Melakukan pemotretan human interest |
· Jenis pemotretan manusia : 1. Potrait 2. Human interest
· Perbedaan prosedur pemotretan manusia berdasarkan jenis : 1. Potrait 2. Human interest
· Melaksanakan pemotretan potrait
· Melaksanakan pemotretan human interest |
12x45 |
A. Mengamati Mengamati prosedur pemotretan manusia portrait dan human interest B. Menanya Menanyakan prosedur pemotretan manusia portrait dan human interest C. Mengasosiasikan/mengolah informasi Menganalisis prosedur pemotretan manusia portrait dan human interest D. Mengeksplorasikan Melakukan prosedur pemotretan manusia portrait dan human interest E. Mengkomunikasikan Memprestasikan hasil pemotretan manusia portrait dan human interest |
· Pengetahuan : - Tes tertulis
· Keterampilan : - Penilaian unjuk kerja - Obervasi
· Hasil karya - Penugasan praktek
· Sumber belajar : - Buku fotografi - Video pembelajaran fotografi - Internet - Lingkungan Alam - Contoh Karya - Bahan Ajar/modul
|
|
3.11. Memahami Manajemen File
4.11 Melaksanakan Manajemen File |
3.11.1 Menentukan manajemen file/penyimpanan
3.11.2 Menganalisis manajemen file/penyimpanan
4.11.1 Melakukan manajemen file/penyimpanan
4.11.2 Menunjukkan manajemen file/penyimpanan |
· Manajemen file/penyimpanan foto : 1. Dari kamera ke komputer 2. Menggunakan card rider
· Menganalisis kekurangan dan kelebihan manajemen file/penyimpanan foto : 1. Dari kamera ke komputer 2. Menggunakan card rider
· Mengerjakan manajemen file/penyimpanan foto : 1. Dari kamera ke komputer 2. Menggunakan card rider
· Membandingkan manajemen file/penyimpanan foto : 1. Dari kamera ke komputer 2. Menggunakan card rider |
8x45 |
A. Mengamati Mengamati manajemen file/penyimpanan foto B. Menanya Menanyakan manajemen file/penyimpanan foto C. Mengasosiasikan/mengolah informasi Menganalisis perbedaan manajemen file/penyimpanan foto D. Mengeksplorasikan Melakukan manajemen file/penyimpanan foto E. Mengkomunikasikan Memprestasikan hasil manajemen file/ penyimpanan foto |
· Pengetahuan : - Tes tertulis
· Keterampilan : - Penilaian unjuk kerja - Obervasi
· Hasil karya - Penugasan praktek
· Sumber belajar : - Buku fotografi - Video pembelajaran fotografi - Internet - Lingkungan Alam - Contoh Karya - Bahan Ajar/modul |
|
3.12. Menerapkan Teori Dasar Komunikasi dalam konsep Fotografi
4.12 Mengintegrasikan Teori Dasar Komunikasi dalam konsep Fotografi |
3.12.1 Menentukan teori dasar komunikasi dalam konsep Fotografi
3.12.2 Menganalisis teori dasar komunikasi dalam konsep Fotografi
4.12.1 Menggabungkan teori dasar komunikasi dalam konsep Fotografi
4.12.2 Menjelaskan teori dasar komunikasi dalam konsep Fotografi |
· Teori dasar komunikasi dalam fotografi 1. Komunikasi Interpersonal 2. Komunikasi Massa
· Elemen dalam komunikasi 1. Sender 2. Message 3. Media 4. Reciver 5. Noise
· 13 Peran Fotografi sebagai Media Komunikasi 1. Menciptakan karya dalam komunikasi 2. Meningkatkan kreativitas dalam komunikasi 3. Memberikan informasi faktual 4. Mengungkap sebuah peristiwa 5. Mempromosikan produk 6. Meningkatkan penjualan produk 7. Menceritakan kehidupan seseorang 8. Membentuk komunitas 9. Membentuk opini publik 10. Membangun komunikasi yang efektif 11. Mempermudah proses adaptasi 12. Meningkatkan rasa percaya diri 13. Ekspresi diri
· Menggabungkan teori dasar komunikasi dalamkonsep fotografi 1. Komunikasi Interpersonal 2. Komunikasi Massa
· Menggabungkan elemen dalam komunikasi 1. Sender 2. Message 3. Media 4. Reciver 5. Noise
· Menjelaskan teori dasar komunikasi dalamkonsep fotografi 1. Komunikasi Interpersonal 2. Komunikasi Massa
· Mejelaskan elemen dalam komunikasi 1. Sender 2. Message 3. Media 4. Reciver 5. Noise
|
12x45 |
A. Mengamati Mengamati teori dasar komunikasi dalam konsep Fotografi B. Menanya Menanyakan teori dasar komunikasi dalam konsep Fotografi C. Mengasosiasikan/mengolah informasi Menjelaskan teori dasar komunikasi dalam konsep Fotografi D. Mengeksplorasikan Menggabungkan teori dasar komunikasi dalam konsep Fotografi E. Mengkomunikasikan Menyampaikan kesimpulan informasi yang telah diperoleh dari teori dasar komunikasi dalam konsep Fotografi |
· Pengetahuan : - Tes tertulis
· Keterampilan : - Penilaian unjuk kerja - Obervasi
· Hasil karya - Penugasan praktek
· Sumber belajar : - Buku fotografi - Video pembelajaran fotografi - Internet - Lingkungan Alam - Contoh Karya - Bahan Ajar/modul |
|
3.13. Menerapkan Teknik Olah Digital Untuk Fotografi Ilustrasi
4.13 Membuat Karya Fotografi Ilustrasi |
3.13.1 Menentukan teknik olah digital untuk fotografi ilustrasi
3.13.2 Mengurutkan langkah-langkah teknik olah digital untuk fotografi ilustrasi
4.13.1 Merancang karya fotografi ilustrasi
4.13.2 Menerapkan karya fotografi ilustrasi
|
· Pengertian fotografi ilustrasi · Menentukan teknik olah digital dalam fotografi ilustrasi
· Langkah-langkah teknik olah digital dalam fotografi ilustrasi 1. Menentukan tema fotografi ilustrasi 2. Membuat sketsa fotografi ilustrasi 3. Memotret objek fotografi ilustrasi 4. Mengolah hasil fotografi ilustrasi
· Membuat karya fotografi ilustarsi dengan menyusun langkah-langkah teknik olah fotografi ilustrasi
· Melaksanakan pembuatan karya fotografi ilustrasi sesuai dengan langkah-langkah teknik olah fotografi ilustrasi yang sudah dibuat |
16X45 |
· Mengamati Mengamati teknik olah digital untuk fotografi ilustrasi
· Menanyakan Menanyakan teknik olah digital untuk fotografi ilustrasi
· Mengkomunikasi Menyampaikan kesimpulan informasi yang telah diperoleh dari teknik olah digital untuk fotografi ilustrasi
· Mengeksplorasikan Membuat karya fotografi ilustrasi
· Mengkomunikasikan Memprestasikan hasil karya fotografi ilustrasi
· Mengasosiasikan Menganalisis karya fotografi ilustrasi |
· Pengetahuan : - Tes tertulis
· Keterampilan : - Penilaian unjuk kerja - Obervasi
· Hasil karya - Penugasan praktek
· Sumber belajar : - Buku fotografi - Video pembelajaran fotografi - Internet - Lingkungan Alam - Contoh Karya - Bahan Ajar/modul |
|
3.14. Menerapkan Prosedur cetak gambar dan dokumentasi hasil cetak
4.14 Melaksanakan Prosedur Cetak Gambar dan dokumentasi hasil cetak |
3.14.1 Menentukan prosedur cetak gambar/foto
3.14.2 Menentukan dokumentasi hasil cetak
4.14.1 Melakukan prosedur cetak gambar
4.14.2 Memilih dokumentasi hasil cetak |
· Prosedur cetak gambar/foto 1. Potrait 2. Landscape
· Menentukan dokumentasi hasil cetak
· Melakukan prosedur cetak gambar/foto 1. Potrait 2. Landscape
· Mengoreksi dokumentasi hasil cetak |
12x45 |
A. Mengamati Mengamati prosedur cetak gambar/foto dan dokumentasi hasil cetak B. Menanya Menanyakan prosedur cetak gambar/foto dan dokumentasi hasil cetak C. Mengasosiasikan/mengolah informasi Mengoreksi dokumentasi hasil cetak D. Mengeksplorasikan Melakukan prosedur cetak gambar/foto E. Mengkomunikasikan Menyampaikan kesimpulan informasi yang telah diperoleh dari prosedur cetak gambar/foto dan dokumentasi hasil cetak |
· Pengetahuan : - Tes tertulis
· Keterampilan : - Penilaian unjuk kerja - Obervasi
· Hasil karya - Penugasan praktek
· Sumber belajar : - Buku fotografi - Video pembelajaran fotografi - Internet - Lingkungan Alam - Contoh Karya - Bahan Ajar/modul |
|
3.15. Menerapkan Prosedur Pemotretan Produk
4.15 Mengerjakan Pemotretan Produk |
3.15.1 Mengurutkan prosedur pemotretan produk
3.15.2 Mengarahkan pemotretan produk
4.15.1 Memilih objek pemotretan produk
4.15.2 Melaksanakan pemotretan produk |
· Pengertian foto produk · Prosedur pemotretan produk 1. Menentukan produk yang akan digunakan 2. Menentukan unsur pendukung untuk foto produk 3. Menentukan peralatan yang digunakan untuk foto produk 4. Menentukan background untuk produk
· Langkah-langkah pemotretan produk 1. Mengatur tata letak produk 2. Menentukan sumber cahaya yang baik 3. Menentukan sudut pengambilan foto 4. Mengedit foto
· Menentukan jenis objek pemotretan produk · Prosedur pemotretan produk 1. Menentukan produk yang akan digunakan 2. Menentukan unsur pendukung untuk foto produk 3. Menentukan peralatan yang digunakan untuk foto produk 4. Menentukan background untuk produk
· Melakukan pemotretan produk dengan menggunakan langkah-langkah pemotretan produk 1. Mengatur tata letak produk 2. Menentukan sumber cahaya yang baik 3. Menentukan sudut pengambilan foto 4. Mengedit foto |
16x45 |
A. Mengamati Mengamati prosedur prosedur pemotretan produk dan langkah-langkah pemotretan produk B. Menanya Menanyakan prosedur pemotretan produk dan langkah-langkah pemotretan produk C. Mengasosiasikan/mengolah informasi Menganalisis hasil pemotretan produk D. Mengeksplorasikan Menerapkan prosedur pemotretan produk dan langkah-langkah pemotretan produk E. Mengkomunikasikan Menyampaikan kesimpulan informasi yang telah diperoleh dari prosedur pemotretan produk |
· Pengetahuan : - Tes tertulis
· Keterampilan : - Penilaian unjuk kerja - Obervasi
· Hasil karya - Penugasan praktek
· Sumber belajar : - Buku fotografi - Video pembelajaran fotografi - Internet - Lingkungan Alam - Contoh Karya - Bahan Ajar/modul |
|
JUMLAH JAM KESELURUHAN KELAS XI |
188 JP |
|
|
Diketahui oleh : Kepala SMKN 4 Sungai Penuh
Drs. Suharman, M.Pd NIP 196804091996011002 |
Sungai penuh, Juli 2021 Guru Mata Pelajaran
Sunarmi, S.Pd NIP 19861010 201301 2 001 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar