RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SMK N 4 SUNGAI PENUH
Mata
Pelajaran : DESAIN KOMUNIKASI VISUAL
Kelas/Semester : XI / I
Topik/Materi
Pokok :
FOTOGRAFI
Alokasi
waktu : 8x45
menit
A.
Kompetensi Inti
1. Pengetahuan
KI 3 : Memahami,
menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual,
konseptual, operasional lanjut, dan metakognitif secara multidisiplin sesuai
dengan bidang dan lingkup kerja Fotografi
pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan
potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga
masyarakat nasional, regional, dan internasional.
2. Ketrampilan
KI 4 Melaksanakan tugas spesifik, dengan menggunakan alat,
informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta menyelesaikan masalah
kompleks sesuai dengan bidang dan
lingkup kerja Fotografi. Menampilkan kinerja mandiri dengan mutu
dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.Menunjukkan keterampilan
menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis,
mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara mandiri.Menunjukkan
keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan gerak mahir, menjadikan
gerak alami, sampai dengan tindakan orisinal dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara mandiri.
B.
Kompetensi
Dasar
3.4.
Memahami teknik dasar fotografi, pengaturan Speed,
Aperture, dan
iso
4.4.
Melakukan pemotretan dengan pengaturan speed, aperture, dan iso
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.4 Indikator KD pada KI Pengetahuan
Menjelaskan teknik
dasar fotografi
4.4 Indikator
KD pada KI Ketrampilan
Berkarya
pemotretan dalam berbagai kondisi cahaya
D. Tujuan Pembelajaran
1.
Peserta didik memahami penempatan objek dalam pemotretan
2. Peserta
didik memahami teknik dasar fotografi
3.
Peserta didik
mampu mengoperasikan Speed
dalam pemotretan
4.
Peserta didik
mampu mengoperasikan
aperture dalam pemotretan
5.
Peserta didik mampu menoperasikan iso dalam pemotretan
6.
Melalui diskusi
kelompok peserta didik mampu membuat laporan mengenaiketerkaitan antara speed, aperture dan iso dalam pemotretan
E.
Materi Pembelajaran
(Rincian dari Materi Pokok)
1. Objek pemotretan
2.
Pengoperasian Speed
3.
Pengoperasian Aperture/diafragma
4.
Penggunaan iso
5.
F. Pendekatan, Model dan Metode
1.
Pendekatan : Scientific
2.
Metode : Ceramah, Diskusi, tanya jawab
3.
Model : Discovery learning
G. Langkah – Langkah Pembelajaran
1.
Pertemuan
Kesatu :
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Pendidik memberi Salam
2.
Pendidik menyampaikan tujuan
pembelajaran dan kompetensi
yang harus
dikuasai peserta didik.
3.
Pendidik menyampaikan
cakupan
materi yang akan dibahas dan
peserta didik menyepakati
langkah-langkah kegiatan yang
akan ditempuh untuk mencapai
kompetensi.
|
5 menit
|
Inti
|
1.
Mengamati
·
Mengamati guru dalam membuat contoh
penempatan objek
·
Mengamati guru dalam menjelaskan komponen pada kamera,
speed, aperture, iso
2.
Menanya
·
Menanyakan tentang pengoperasian speed, diafragma dan
iso
3.
Mengeksplorasi
·
Mendiskusikan p[enggunaan speed, diafragma dan iso
4.
Mengomunikasika
·
Membuat sinopsis mengenai penggunaan speed, diafragma
dan iso
|
35 menit
|
Penutup
|
1.
Pendidik dan peserta didik membuat kesimpulan dari informasi yang diberikan guru
2.
Peserta didik menyampaikan usulan untuk perbaikan pembelajaran berikutnya
3.
Guru memperikan pesan moral terkait dengan lingkungan sekitar
|
5 menit
|
H. Penilaian
1.
Teknik penilaian
a. Penilaian sikap
b. Penilaian pengetahuan
c. Penilaian ketrampilan
2.
Instrumen penilaian
a. Sikap
spiritual
1)
Teknik
Penilaian : Observasi
2)
Bentuk Instrumen : Lembar Observasi
3)
Kisi-kisi:
No.
|
Indikator
|
Instrumen
|
1.
2.
|
Membuat
karya dengan jujur tidak meniru ide orang lain.
Berbicara dan bersikap sopan serta baik kepada guru dan teman
|
Lembar
Pengamatan
|
Pedoman penskoran :
No
|
Kriteria
penilaian
|
Skor
|
1.
|
Ya
|
1
|
2.
|
Tidak
|
0
|
b.
Sikap Sosial
1)
Teknik Penilaian :
Observasi, Penilaian Diri
2)
Bentuk Instrumen : Lembar Observasi,
Lembar Penilaian Diri
3)
Kisi-kisi:
No.
|
Indikator
|
Instrumen
|
1.
|
Bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas
|
Lembar
Pengamatan
|
2.
|
Mau bertanya atau menanggapi pertanyaan guru dan teman dengan
baik
|
Lembar
Pengamatan
|
3.
|
Peduli dan mau menjawab
pertanyaan teman
|
Lembar
Pengamatan
|
Pedoman penskoran :
No
|
Kriteria
penilaian
|
Skor
|
1.
|
Ya
|
1
|
2.
|
Tidak
|
0
|
c.
Pengetahuan
1)
Teknik
Penilaian : Tes tertulis
2)
Bentuk Instrumen
: Rubrik penilaian
3)
Kisi-kisi:
No.
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
|
Disajikan soal peserta didik dapat :
§ Menjawab pertanyaaan dengan benar
§ Mengerjakan lembar jawab secara mandiri
|
1.jelaskan fungsi speed dalam pemotretan !
2.Jelaskan fungsi diafragma dalam pemotretan !
3. jelaskan fungsi iso dalam pemotretan !
|
Rubrik
Penilaian:
Kriteria
|
A (4)
|
B (3)
|
C (2)
|
D
(1)
|
1.
Kebenaran
jawaban.
|
||||
2.
Luas
cakupan jawaban/uraian
|
||||
3.
Ketepatan
waktu pengumpulan tugas.
|
Pedoman penskoran :
No
|
Kriteria
penilaian
|
Skor
|
1.
|
Soal no 1
|
10
|
2.
|
Soal no 2
|
20
|
3.
|
Soal no 3
|
20
|
d.
Keterampilan
1)
Teknik
Penilaian : Tes praktek
2)
Bentuk Instrumen
: Rubrik Penilaian
3)
Kisi-kisi:
No.
|
Keterampilan
|
Butir Instrumen
|
1.
|
Menampilkan karya fotografi .
|
Buatlah karya foto yang berbentuk panning
dan stop action
|
Rubrik
Penilaian:
Kriteria
|
A (4)
|
B (3)
|
C (2)
|
D
(1)
|
1. Ide
|
||||
2. Bentuk penyajian
|
||||
3. Ketepatan waktu .
|
Pedoman
penskoran :
No
|
Kriteria
penilaian
|
Skor
|
1.
|
1. Ide
|
20
|
2.
|
2. Bentuk penyajian
|
20
|
3.
|
3. Ketepatan waktu .
|
10
|
Tugas :
1.
Tugas individu : Menampilkan sebuah karya seni rupa dua dimensi.
2.
Tugas kelompok : Carilah berbagai contoh gambar lukisan dan klasifikasikan aliran
lukisan itu !
No.
|
Jenis Tugas
|
Tugas
|
1.
|
Individu
|
Menampilkan sebuah karya fotografi
panning dan stop action
|
2.
|
Kelompok
|
Carilah berbagai contoh gambar panning dan stop action dan
diskusikan peran speed, diafragma dan iso dalam pemotretan
|
Observasi:
·
Menilai kemampuan Peserta didik
dalam memahami peran speed, diafragma dan iso dalam pemotretan.
·
Menilai sikap Peserta didik dalam
tanggung jawab, toleransi, kemandirian, kecermatan, ketelitian dalam kegiatan
kelompok dan/atau individu.
Portofolio:
·
Menilai hasil karya peserta didik
tentang fungsi speed, diafragma dan iso dalam bentuk laporan hasil kerja kelompok dan atau individu
I. Media, Alat, Bahan Dan
Sumber
Belajar
Media
1. Power point
2. Papan tulis
3. Spidol
4. Penghapus
5. Kamera
Alat/media
1. Peragaan oleh guru
2. Peragaan oleh siswa
3. Kamera
Sumber Belajar
Buku dan internet
Sungai Penuh,
Guru Mata Pelajaran
(Sunarmi, S.Pd)
NIP. 19861010 201301 2 001
*) KI dan KD
Sikap Spritual dan Sikap Sosial ditambahkan untuk mata pelajaran Pendididkan
Agama dan PPKn.
**) Semua sintaksis/langkah model pembelajaran dapat
lengkap pada setiap pertemuan, atau dapat
lengkap pada beberapa pertemuan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar